Dahsyatnya Doa Ini

Dahsyatnya Do’a Ini

Salah satu doa yang dahsyat yang dipanjatkan Nabi Yunus a.s yakni saat beliau berada dalam perut ikan. Doa ini juga terdapat dalam kitab suci Alquran. Doa tersebut merupakan doa yang diamalkan untuk semua keinginan dan dapat menghindarkan dari keburukan.

لاَّ إِلَهَ إِلاَّ أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ 

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin.

“Tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” (QS al-Anbiyaa ke-87)

Selama berada di perut tersebut, Nabi Yunus a.s tak henti-hentinya memanjatkan doa agar Allah Ta’ala menyelematkannya.

Di dalam Jamiut Tirmidzi dan sahih al-Hakim, disebutkan dari Sa’ad bin Abi Waqqash RA, bahwasanya Nabi bersabda:

دعوةذي النون، إذ دعاوهو في بطن الحوت : أن لا إله إ أنت سبحانك إني كنت من الظالمين(٨٧) إنه لم يد ع بها مسلم في شيء قط إلا استجاب الله له

“Doa Dzun Nun (Nabi Yunus) saat berada dalam perut ikan adalah: ‘Tidak ada illah selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim’ (QS Anbiya: 87)

Sungguh, tidaklah orang muslim berdoa dengannya dalam urusan apa pun, melainkan Allah akan mengabulkan doanya”. Imam At- Tirmidzi berkata, “Hadits ini sahih”.

Baca Juga : Do’a Perlindungan Dari Segala Penyakit dan Keburukan

Doa Nabi Yunus memiliki berbagai keutamaan. Oleh sebab itu banyak ulama yang mengamalkan doa ini. Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al Hasani dalam kitab Abwab al-Faraj mengungkapkan para ulama ada yang membacanya 40 kali setelah sholat subuh tanpa terputus sama sekali. Ada juga yang membaca 1000 kali setiap hari. Wallahu A’lam Bissawab.
Berikut beberapa keutamaanya:
1. Dikabulkan hajat dan Keinginan
Seperti kisah Nabi Yunus a.s, Muslim yang memanjatkan doa ini niscaya keinginannya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:
“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi).

Baca Juga : Ketika Kita Takut memberi

2. Mendapat Ampunan Allah
Doa Nabi Yunus a.s berisi taubat dan permintaan ampun kepada Allah atas semua dosa-dosa yang pernah diperbuat. Dengan membaca doa ini, niscaya Allah akan menerima taubat umat Muslim, selama itu dilakukan dengan bersungguh-sungguh.
3. Mendapat Pahala Orang yang Mati Syahid
Dalam riwayat al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash disebutkan bahwa apabila seseorang membaca doa ini 40 kali ketika sakit, lalu kemudian meninggal, maka ia akan mendapat pahala orang yang meninggal syahid.

Wallahu A’lam Bissawab.

Baca Juga : Keutamaan Mengendalikan Marah

 

 

Editor : Agus N

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

× Hubungi Kami