Doa Meminta Perlindungan

Do’a Perlindungan Dari Segala Penyakit dan Keburukan

Seorang muslim diwajibkan untuk menghindari hal-hal yang merugikan atau yang dapat membawa kebinasaan pada dirinya. Di tengah merebaknya virus Covid-19 atau Corona, sebagai muslim, kita pun diwajibkan berikhtiar sebisa mungkin agar terhindar dari virus tersebut, entah itu dengan cara menghindari keramaian, rutin mencuci tangan, dsb.

Baca Juga : Inshaa” Allah Umroh Oktober 2021

Selain berikhtiar, kita wajib berdoa memohon perlindungan kepada Allah karena Allah lah maha pencipta segalanya diseluruh muka bumi ini. Kedua hal ini saling melengkapi. Seperti kata Ali bin Abi Thalib, “Orang yang berdoa tanpa berikhtiar bagaikan orang yang memanah tanpa busur.”

Berikut adalah doa perlindungan dari penyakit dan marabahaya lainnya:

اللَّهُـمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

Allahumma inni audzubika minal-barashi, wal-junuuni, wal-judzami, wa min sayyiil-asqaam.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit buruk (mengerikan) lainnya (HR. Abu Dawud no. 1554). 

Baca Juga : Siapa Bilang Cobaan Tak Berujung

Hadits ini shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud (1554) dan an-Nasa-i (VIII/270) melalui dua jalur, dari Qatadah dan Anas RA. Masih dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 halaman 474, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam merasa perlu berlindung kepada Allah SWT keburukan segala penyakit sebab khawatir tak mampu menahan kesabaran.

Ketika tak bisa bersabar saat ada wabah penyakit, bisa jadi manusia terperangkap dalam kegelisahan menanggungnya, sehingga berakibat hilangnya pahala kebaikan.

Wallahu A’lam Bissawab.

 

 

Editor : Agus N

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

× Hubungi Kami