Robot Zamzam

Haji 2021, Pembagian Air Zamzam Dilayani Oleh Robot

Arab Saudi menugaskan robot-robot khusus untuk membagikan air Zamzam, dalam persiapan haji 2021 di Mekkah pekan ini. Robot-robot itu disediakan untuk menerapkan social distancing dan mengurangi kontak antar manusia, seiring pandemi Covid-19 yang masih merebak. Sebelumnya pada Sabtu (12/6/2021) Arab Saudi mengumumkan, 60.000 penduduknya yang sudah disuntik vaksin virus corona boleh melaksanakan ibadah haji pada Juli.

Baca Juga : Paket Umroh Rindu Tanah Suci Oktober 2021

Angka itu naik dari kuota tahun lalu, tetapi masih jauh dibandingkan jumlah jemaah saat waktu normal. Pada 2019 contohnya, sekitar 2,5 juta umat Muslim dari seluruh dunia datang ke Arab Saudi untuk menunaikan haji. Kantor berita AFP melaporkan, petugas setempat meluncurkan robot hitam-putih kecil itu pada Minggu (13/6/2021). Masing-masing robot membawa tiga rak botol air.

“Tujuan dari robot-robot ini adalah memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia,” kata Bader Al Loqmani pengelola air Zamzam, dikutip dari AFP pada Rabu (16/6/2021). Dia mengelola air Zamzam di Masjidil Haram yang mengelilingi Kakbah.

Baca Juga : Cara WNI di Saudi Ikut Haji 2021

“Sekitar 20 robot saat ini tersedia untuk membantu pengunjung dan para jemaah haji,” lanjut Loqmani, seraya mencatat bisa lebih banyak lagi robot yang ditugaskan jika perlu. Selama berabad-abad, para jemaah haji berbondong-bondong minum air Zamzam, yang dipandang sebagai keajaiban dalam tradisi Islam. Ratusan ribu botol air Zamzam biasanya dibagikan setiap tahun. Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam, tetapi untuk tahun kedua berturut-turut hanya diizinkan bagi penduduk Arab Saudi yang divaksinasi.

 

× Hubungi Kami