Hal Penting saat Membuat Paspor

Hal penting saat membuat paspor sering terlewatkan, padahal kelalaian ini akan bisa membuat anda gagal foto paspor. Berikut adalah beberapa hal penting saat membuat paspor :

1. Teliti dulu dokumen anda
semua data antara KTP, KK dan lain-lain harus sinkron.

2. KK harus tidak ada coretan
maksudnya bila ada perubahan anggota keluarga, maka harus dicetak ulang, tidak boleh menulis perubahan tersebut dengan tinta pena.

3. KK harus sudah ditanda tangani kepala keluarga dan sudah di cap oleh dinas yang bersangkutan.

4. Saat membuat paspor disarankan tidak memakai baju putih, karena backgroud latar pemotretan adalah putih.

5. Untuk membuat paspor umroh membutuhkan nama dengan 3 suku kata,
misal Awan Gunawan Abdullah. Bila nama anda hanya terdapat 2 buah suku kata, maka ditambah dengan nama ayah kandung. Nama ayah disini bukan mengacu pada data KK, melainkan data pada surat nikah anda.

6. Khusus membuat paspor umroh harus 3 nama
Bila nama anda cuma ada satu suku kata, dan kebetulan nama ayah anda satu kata, maka tambahlah dengan nama kakek anda. Pada kasus ini, harus memakai surat pernyataan dari kelurahan dan diketahui kecamatan. Surat tersebut menerangkan bahwa nama anda adalah misalnya fulan bin fulan bin fulan.

7. Membawa surat rekomendasi dari badan yang menangani perjalanan anda,
misal anda akan umroh maka anda harus membawa surat rekomendasi dari Biro tempat anda umroh, menerangkan bahwa anda akan melakukan perjalanan umroh pada tanggal sekian. Atau jika anda masih sekolah atau akan bekerja maka mintatalah surat rekomendasi dari sekolahan/badan yang bersangkutan menerangkan bahwa anda akan pergi kemana, kapan dan seterusnya.

8. Bagi yang masih menjadi tanggungan orang tua harap Membawa surat pernyataan orang tua,
beli saja form surat itu di tempat foto kopi kantor imigrasi. Surat tersebut harus ditandatangani ke 2 orang tua di atas materai 6000.

9. Datanglah pagi hari,
soalnya kuota terbatas, misal kantor imigrasi kelas 1 surakarta hanya menerima 50 antrian pendaftar yang datang langsung dan 50 lagi untuk pendaftar online.

10. Untuk pendaftar online, file PDF dari Imigrasi yang masuk ke email anda harus di print.
anda akan dapat satu email berisi perintah begini begitu setelah anda selesai mendaftar di web imigrasi online. Email pertama itu juga berisi sebuah PDF yang harus di print/cetak. Bawalah cetakan itu ke bank BNI guna melakukan pembayaran. Cetakan itu juga nantinya dibawa ke imigrasi saat anda akan foto.

11. Bagi anda yang tidak mendapat email setelah pendaftaran, maka masuklah ke link ini https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/general/container.jsp?1443840917826
masukan email yang anda pakai buat daftar tadi. Beberapa saat kemudian InshaAllah anda akan mendapat email.

12. Normalnya setelah anda bayar ke BNI,
memasukan no. Journal dan memilih jadwal (tidak dibahas disini) maka anda akan menerima email lagi. Email biasa nya berisi 2 PDF yang keduanya harus dicetak dan di bawa ke Imigrasi saat jadwal foto. Namun, akhir-akhir ini banyak kasus yang tidak mendapat email setelah memasukan no Journal. Biasa nya anda akan ditanya kenapa tidak dibawa cetakkan dari email terakhir? Jawab jujur saja bahwa tidak ada email setelah begini begitu. Petugas yang lembut biasanya akan memaklumi permasalahan ini karena akhir-akhir ini masalah email ini begitu mahsyur. Namun, semua petugas tidaklah semua lembut, saya pernah menemui petugas yang begitu keras sikapnya seolah mencari salah saya. Maka jika anda menemui petugas seperti ini saya sarankan buat anda agar tetap calm down dan menahan emosi. Jika anda marah maka kemungkinan akan berakhir dengan tidak enak. Pertahankan argumen anda, dan jawab dengan kekuatan ilmiah. Salah satu trik adalah dengan membawa smartphone anda, buka email dan tunjukan inbox anda, apakah terdapat email SPRI? tak usah banyak kata, biarkan kenyataan yang bicara.

13. Pada kasus lain, bila anda gagal memilih hari setelah memasukan no journal maka datanglah langsung ke imigrasi dengan membawa bukti pembayaran serta email PDF pertama yang sudah di cetak. Katakan yang sebenarnya apa yang terjadi, kemudian bilang petugas untuk minta di CRM kan.

Sekian dulu info tentang hal penting saat membuat paspor, Kalau ada kesempatan akan di update.

Beberapa diambil dari pengalaman. Terimakasih para pembaca, Maaf bila ada salah.

“Allah maha tahu, dan aku minta ampun pada Allah.”

Awan Gunawan

× Hubungi Kami