Al Baik Saudi

Rindu Lezatnya Citarasa Al Baik

Bagi warga Tanah Air yang pernah melaksanakan ibadah haji atau umrah, tentu tak asing lagi dengan ayam goreng Al Baik. Ya, brand ayam goreng tepung ini memang sangat populer di sana. Tak hanya di kalangan penduduk lokal Saudi-nya saja, namun juga bagi para jemaah haji dan umrah Indonesia.

Makanan cepat saji ayam goreng Al Baik sendiri sudah berdiri sejak tahun 1974 dan pertama kali beroperasi di kota Jeddah, Arab Saudi. Kini, restoran ini telah memiliki 40-an cabang di Kota Jeddah dan menjadi salah satu tempat makan paling laris dan favorit di dunia bahkan mengalahkan kepopuleran brand ayam tepung asal Amerika.

Serupa dengan ayam goreng cepat saji pada umumnya, daging ayamnya dilapisi oleh tepung dan digoreng hingga renyah. Kemudian, disajikan bersama dengan kentang goreng dan roti burger, tak lupa dengan tambahan berbagai saus seperti saus sambal dan bawang putih.
Sepintas, tidak ada yang spesial dari sajian ini kecuali porsinya yang cukup besar. Mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia, satu porsi menu Al Baik bisa dinikmati oleh dua hingga tiga orang. Menariknya, ayam goreng Al Baik kini tak hanya menjadi makanan favorit bagi para jemaah haji dan umrah saja, tapi juga pecinta kuliner yang berdomisili di Indonesia sekali pun.
Bahkan, mereka rela untuk membelinya melalui jasa online shop hanya untuk mencicipi sajian ini. Ya, fenomena menjamurnya online shop yang menjual ayam ‘impor’ dari Arab ini memang sedang terjadi di Tanah Air.
Sejauh ini sudah ada puluhan online shop yang melayani pengiriman ayam goreng dari Arab Saudi ini ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung, harga yang dibanderol untuk mencicipi satu porsi makanan cepat saji ini cukup tinggi, mulai dari Rp 135 ribu, bahkan ada yang mencapai Rp 280 ribu.
Selain menggunakan jasa online shop banyak para pecinta kuliner di Tanah Air menggunakan jasa jastip atau jasa titip. Biasanya mereka titip dari teman atau jamaah yang sedang melakukan ibadah umroh. Dengan jastip ini dirasa paling murah dari segi biaya dan paling cepat sampainya. Setidaknya dengan adanya beberapa layanan jasa ini, tak perlu jauh-jauh ke Arab Saudi hanya untuk mencicipi lezatnya ayam fenomenal ini, kecuali memang sekalian diniatkan untuk beribadah haji atau umrah.
× Hubungi Kami