TIPS MASUK KE RAUDHAH

Salah satu tempat yang paling dianjurkan untuk diziarahi dan tempat dimana terkabulnya doa-doa adalah Raudhah di masjid Nabawi Madinah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda,

“Di antara rumahku dan mimbarku adalah taman-taman surga dan mimbarku berada di atas telagaku.” (Muttafaq Alaihi).

Raudhah merupakan tempat berdoa paling mustazab yang ada di Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah. Sebagaimana Masjidil Haram, Masjid Nabawi memiliki keutamaan yaitu melipat gandakan ganjaran shalat bagi mereka yang shalat di dalamnya.

“Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjidil Haram.” (HR. Muslim).

Pastinya bagi jamaah haji maupun umrah yang tengah berada di Madinah akan berlomba-lomba agar bisa menunaikan sholat dan berdoa di Raudhah yang ada di Masjid Nabawi.

Tips masuk Raudhah bagi laki-laki:

  1. Pelajari situasi dan kondisi Raudhah.Biasanya saat berumrah jamaah akan berada di Madinah sekitar tiga hari. Setidaknya itu waktu yang cukup, untuk itu rencanakan secara matang mulai dari hari pertama berada di Madinah. Pelajari terlebih dulu situasi dan kondisi, mulai dari pola buka tutup, pasalnya sewaktu-waktu dapat berubah. Jadi, jangan berharap bisa banyak mendapat kesempatan sholat di sana untuk pertama kali ke Raudhah, kalaupun ada kesempatan itu rejeki namanya. Akan tetapi, jika bila belum bisa, bersabarlah, dan berdo’a kepada Allah Subhanahu Wata’ala supaya di ijinkan dan dimudahkan dapat sholat di Raudhah.
  2. Mendekat masuk Raudhah satu hingga dua jam sebelum adzan. Saat adzan berkumandang, maka area Raudhah akan ditutup. Para jamaah yang sudah berada di dalam Raudhah tidak akan di suruh keluar oleh Askar. Karena itu, usahakan saat adzan tiba, anda sudah berada di area Raudhah. Setidaknya, Anda akan bisa tenang di dalam untuk selama 30 menit. Agar bisa pas waktunya, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan para jamaah, diantaranya adalah dengan mendekatkan diri di seputar area Raudhah. Namun tidak masuk. Anda cukup berada di dekat pintu masuk. Anda bisa duduk, atau berdiri ngantri, namun jangan masuk dulu. Perhatikan jam adzan tiba. Kira-kira 2-3 menit sebelum adzan berkumandang segera bergegas masuk, ambil posisi di area Raudhah. Karena Raudhah tidak terlalu luas, hanya sekitar  22 meter x 15 meter, pastikan Anda berada pada tempat yang benar, yaitu area yang diberi karpet berwarna hijau.

Tips masuk Raudhah bagi perempuan

  1. Berpakaian abaya dan jilbab hitam. Kenapa hitam ? Agar kita bisa nyamar biar mirip orang Arab yg menyukai hitam. Kalau baju putih / baju berwarna biasanya mudah dikenali dari rombongan Melayu (Indonesia, Malaysia, Philipina,dll). Askar akan memanggil kita dengan sebutan “melayu melayu” jika kita sholat terlalu lama karena harus bergantian sholat & berdoa dengan jamaah lainnya yg menunggu diluar Raudah.
  2. Sebaiknya kita sampai jam 8 atau 9 pagi dari Hotel  ke pintu 25 ( pintu khusus wanita ) Masjid Nabawi, kemudian bergabung di rombongan melayu. Disana terbagi atas rombongan Arab, Melayu & Afrika.
  3. Sambil menunggu masuk raudah, bisa kita isi dengan sholat dhuha & membaca Alquran atau berzikir. Khusus hari jumat raudah di buka jam 07.30 ya.
  4. Saat gerbang coklat di buka dan rombongan melayu masuk, anda ngga perlu balapan sampai raudah ya, hati-hati nanti jatuh. Takut ngga kebagian sholat di raudah ? Tenang. Kalau sudah melewati gerbang coklat itu, pasti di izinkan sholat di raudah.
  5. Sudah sampai di bagian luar Raudah ? Mari bergabunglah dengan rombongan melayu paling belakang. Mengapa bukan yg paling depan ? Sabar, mau dapat tempat nggak ? Rombongan melayu akan di persilahkan masuk ke dalam masjid nabawi di mana raudah berada. Ngga usah buru2 masuk ke raudah nya ya. Tunggu sampai rombongan Arab lewat dulu, nggak mau kan lagi sholat tiba-tiba di seruduk mereka yg badannya tinggi besar.
  6. Masuk ke kawasan Raudah. Jangan buru-buru ke karpet hijau, duduk  aja dulu di bagian karpet merah, perbanyak doa,dzikir dan sholawat, sambil ngincer kira-kira nanti kita sholat di bagian mana. Maju perlahan ke karpet hijau. Jika ada yg sholat coba lah inisiatif jagain mereka. Yakin dan percaya deh mereka juga akan nawarin tempat nya dan jaga kita juga. Sholat lah 2 rokaat, minta lah kepada ALLAH untuk di izinkan lama di dalam raudah (raudah tempat mustajab kan ? pasti di jabah doanya). Jangan buru-buru keluar, duduk saja di dalam raudah sampai pintu belakang di tutup.
  7. SaatPintu/tirai belakang di tutup. Segera cari tempat lowong lagi untuk sholat 2 rokaat. Jika ada yg minta tempat mu, berikan, kalau perlu jagain. Jika ada askar yg ngusir karena sudah kelamaan dan harus bergantian maka kita pindah tempat sholat lagi. Di usir , ya pindah tempat sholat lagi. Di sinilah fungsi pakaian hitam. Begitu seterusnya sampai raudah mulai sepi. Kita puas2in sholat di sedikit raudah.

Itulah tips agar kita bisa mudah masuk ke Raudah bagi laki-laki dan perempuan. Semoga berguna untuk keluarga yg ingin berangkat umroh ya.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

×