Haji 2021

Kok Bisa Daftar Haji Tahun 2021 Berangkat Haji Tahun 2027?

Surakarta, amanu.co.id – Ibadah Haji merupakan rukun islam yang ke 5 dan merupakan kewajiban bagi umat islam yang mampu. Untuk dapat melaksanakan ibadah haji dibutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu tunggu yang begitu lama. Butuh perjuangan dan pengorbanan untuk melaksanakan ibadah haji khususnya di Indonesia. Sebagai contoh untuk daftar tunggu haji reguler di wilayah jawa tengah khususnya Solo rata-rata adalah 20-30 tahun belum lagi dikota-kota besar lainnya. Berikut data antrian haji reguler di Indonesia:

Antrian Haji

Jika kita melihat daftar antrian haji reguler per/ tahun 2019 saja sudah mencapai rata-rata 20 tahun ke atas, bukan tidak mungkin tahun depan akan lebih lama lagi untuk masa antriannya. Apalagi ditambah dengan adanya pandemi karena Covid-19 yang memaksa tahun 2020 kemarin haji untuk Indonesia ditiadakan. Hal ini akan semakin menambah lamanya waktu antri untuk haji reguler.

Misalkan kita berusia 35 tahun berasal dari jawa tengah dan daftar pada tahun 2021, berarti estimasi jadwal keberangkatan kita adalah pada tahun 2046 pada saat usia 60 tahun (jika diambil masa antri 25 tahun). Di usia 60 tahun apakah kita masih mampu secara fisik untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji yang membutuhkan kondisi fisik yang prima?
Semoga saja Allah ﷻ  masih memberikan umur serta kesehatan pada kita semua.

Saat ini kami PT Amanu memberikan solusi kepada para calon jamaah haji yang ingin segera berangkat dengan masa tunggu 6-7 tahun saja. Program haji khusus ini juga hasil kerjasama dengan Kemenag RI. Dengan fasilitas yang lebih dibandingkan dengan haji reguler serta hotel dan maktab yang lebih dekat akan membuat jamaah haji lebih nyaman dan tidak mudah kelelahan, meskipun biaya yang dikeluarkan lebih besar.

PT Amanu sudah berpengalaman dan profesional memberangkatakan jamaah haji sejak tahun 2013. Sebagai bukti jamaah kami mendaftar haji khusus pada akhir bulan maret 2021 dan sudah mendapatkan Nomor Porsi Haji pada awal bulan april 2021, bisa cek melalui aplikasi “Haji Pintar”

Nomor Porsi Haji

Begitu beratnya perjuangan untuk melaksanakan ibadah haji, mulai dari pendaftaran, masa tunggu, tenaga serta biaya yang tidak sedikit. Karena itulah banyak keutamaan ibadah haji yang di dapatkan.

Berikut Keutamaan ibadah haji:
1. Haji merupakan amalan yang afdhol.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari no. 1519)

2. Ibadah haji yang tidak bercampur dengan dosa dan maksiat balasannya adalah surga.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349). An Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Yang dimaksud, ‘tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga’, bahwasanya haji mabrur tidak cukup jika pelakunya dihapuskan sebagian kesalahannya. Bahkan ia memang pantas untuk masuk surga.” (Syarh Shahih Muslim, 9/119).

3. Haji merupakan Jihad Fiisabilillah
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,
Wahai Rasulullah, kami memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhol. Apakah berarti kami harus berjihad?” “Tidak. Jihad yang paling utama adalah haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari no. 1520)

4. Haji menghapuskan dosa-dosa
Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari no. 1521).

5. Haji menghilangkan kefakiran
Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)

6. Orang yang berhaji adalah tamu Allah
Dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Informasi Progam Haji Khusus PT Amanu dapat di akses melaui link berikut.
INFORMASI PROGRAM HAJI KHUSUS

Semoga Allah ﷻ mengabulkan dan mempermudah niat kita semua untuk dapat menunaikan ibadah haji.  Amiin.

 

(2) Comments

  1. sudah berapa banyak yang mendaftar tahun 2021?apakah bisa dipastikan 2027 bisa berangkat? karena usia kami saat ini 57 tahun

    1. Kalau untuk haji reguler masa tunggu tetap kisaran 20 tahun keatas, tetapi untuk Haji Khusus masa tunggu 6-7 tahun. Semua keputusan ttg haji harus sesuai dengan Kemenag dan Saudi sendiri.
      informasi bisa hubungi 081215008181

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

× Hubungi Kami