Madinah Kota Tersehat di Dunia

Kota Tersehat di Dunia Menurut WHO

AMANU.CO.ID, SOLO – Salah satu kota di dunia yang paling banyak dikunjungi manusia adalah kota Madinah Al Munnawaroh setelah kota Makkah Al Mukaromah. Kota Madinah khususnya Masjid Nabawi bagi umat Muslimin akan sangat terdengar istimewa karena menjadi salah satu tujuan ibadah umroh dan haji. Terdapat Makam Rasulullah ﷺ dan Raudhah yang dimana menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi  kaum muslimin untuk berdo’a karena tempat itu adalah tempat dimana mustajabnya do’a. Tak hanya dari faktor untuk kepentingan ibadah saja melainkan Kota Madinah selalu terjaga kebersihannya dari pada kota-kota yang lainnya.

Ada kabar baik untuk Kota Madinah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui Kota Madinah di Saudi sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Akreditasi itu diperoleh setelah tim dari WHO melakukan kunjungan dan Investigasi, dan menyebut kota tersebut memenuhi semua standar global yang diperlukan.

Kota Madinah dengan populasi lebih dari 2 juta penduduk, yang diakui di bawah program kota sehat milik WHO. Sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, amal dan relawan membantu mempersiapkan akreditasi WHO.

Dilansir di Arab News, Ahad (24/1), program terpadu yang dijalankan di kota ini untuk akreditasi WHO meliputi kemitraan strategis dengan Universitas Taibah. Kerja sama dilakukan guna mencatat persyaratan pemerintah pada sebuah platform elektronik untuk membantu tinjauan WHO. Sebuah komite yang diketuai Presiden Universitas Taibah, Dr Abdul Aziz Assarani, disebut mengawasi 100 anggota. Anggota ini mewakili 22 badan pemerintah, sipil, amal dan sukarelawan. Sejumlah kriteria telah disiapkan sebelumnya, termasuk dengan tujuan memenuhi target yang ditetapkan oleh Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program “Kota Manusiawi”.

“Kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosialnya, serta memperluas sumber daya komunitas, yang memungkinkan penduduknya saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal,” kata WHO.

Kabar baik untuk umat muslim di dunia khususnya di Indonesia. Setelah WHO mengumumkan Kota Madinah menjadi kota tersehat didunia akankah masyarakat menyurutkan niat mereka untuk beribadah umroh atau haji ? Madinah juga dikenal sebagai Kota Nabi Muhammad ﷺ,  Kota ini salah satu dari dua kota paling suci bagi umat Muslim.

Belum lagi keutamaan beribadah sholat di Masjid Nabawi Kota Madinah yaitu akan mendapatkan pahala 1000 kali lipat. Rasulullah ﷺ bersabda: “Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik dari seribu shalat di masjid lainnya selain masjid Kabah (masjid yang di dalamnya terdapat Kabah)”. (HR. Muslim, no. 1396 dan An-Nasa’i, no. 691).

Masih ada lagi keistimewaan Kota Madinah yaitu kota yang aman. Rasulullah ﷺ bersabda: “Tidak ada satu negeri pun kecuali akan dimasuki Dajjal, kecuali Makkah dan Madinah. Dia tidak mendapati celah atau jalan masuk kecuali padanya ada malaikat yang berbaris menjaganya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik).

Jagan ragu dan jangan takut akan beribadah umroh dan haji dimasa sekarang ini, Allah telah menunjukan betapa mulianya kota Madinah apalagi kota Makkah. Jangan menunda bila Allah telah memanggil kita untuk berkunjung sebelum rasa nikmat dan sempat itu hilang.

Informasi tentang Ibadah umroh dan haji terbuka lebar untuk kaum muslimin.
PT. AMANU Biro Umroh dan Haji berkantor Pusat di Kota Solo siap mendampingi dan memfasilitasi Ibadah umroh dan haji anda dengan setulus hati.

Office : 0271 739582
Hotline : 081215008181  |  082133544723

 

 

Sumber :
https://www.arabnews.com/node/1797346/saudi-arabia
https://ihram.co.id/berita/qney8a320/madinah-ditetapkan-who-sebagai-kota-tersehat-di-dunia
× Hubungi Kami