MADU SIDR YAMAN

Kenapa Madu Sidr Yaman Mahal Dibandingkan Dengan Madu Lokal ?

Sejak dahulu, Yaman terkenal dengan madunya yang sangat baik dan berkualitas.
‘Erathostenes’ seorang sejarawan, berkata Yaman adalah satu kawasan yang amat subur dan mempunyai tempat-tempat yang sangat sesuai untuk penghasilan madu karena terdapat pohon ‘Sidr’ dan ‘Sumur/Samuroh/Sumroh’. Madu yang dianggap paling baik adalah yang dikeluarkan dari bunga ‘Sidr’ (Ziziphus Spina Christi, L.Willd) dan ‘Sumur/Sumroh’ (Acacia Tortillis, Forsk. Hayne). Dan lebah yang menghisap bunga sidr ini termasuk jenis “Apis mellifera jemenitica”

Madu Sidr Yaman disebut sebagai madu yang paling baik dan mahal di dunia. Hal ini karena berasal dari Hadramaut di barat daya semenanjung Arab, dimana lebah-lebah mengambil ”sari bunga Pohon SIDR” dan masa panen hanya bisa dilakukan 1-2 kali dalam setahun sehingga terbatas di musim dingin.

Baca Juga : Frozen Food Laris Manis Dimasa Pandemi

Cara pengelolaan peternakan lebah juga dilakukan secara tradisional seperti ratusan tahun lalu untuk memastikan kemurnian dan keasliannya. Dan Madu Sidr Yaman telah dikenal dari jaman dahulu memiliki banyak manfaat untuk obat-obatan dan memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi, belum lagi citarasa dari madu tersebut yang tidak akan terlupakan.

Pohon Sidr (Bidara) ini sangat kokoh dan banyak manfaatnya seperti yang disebutkan dalam Al Qur’an

فَاَعۡرَضُوۡا فَاَرۡسَلۡنَا عَلَيۡهِمۡ سَيۡلَ الۡعَرِمِ وَبَدَّلۡنٰهُمۡ بِجَنَّتَيۡهِمۡ جَنَّتَيۡنِ ذَوَاتَىۡ اُكُلٍ خَمۡطٍ وَّاَثۡلٍ وَّشَىۡءٍ مِّنۡ سِدۡرٍ قَلِيۡلٍ

“Tetapi mereka berpaling, maka Kami kirim kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Asl dan sedikit pohon Sidr.”(Q.S Saba :16)

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ () فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ () وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ () وَظِلٍّ مَمْدُودٍ

“Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri. Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). Dan naungan yang terbentang luas.” (QS: Al-Waqi’ah ayat 27-30)

Baca Juga : Hikmah Dibalik Cobaan Yang Belum Kita Tahu

Pohon Sidr juga disebut juga pohon surga. Petunjuk pertama bahwa pohon bidara merupakan salah satu di antara pohon yang tumbuh di surga dapat di lihat melalui narasi penyebutan sidrah al-muntaḥā dalam al-Qur’an. Term sidrah al-muntaḥā ini erat kaitannya dengan perjalanan Nabi saat Isra’ Mi’raj di mana ketika beliau diangkat ke tingkatan tersebut, di mana kemudian beliau menyaksikan banyak hal yang berkaitan dengan surga dan neraka.

Madu Sidr dari Yaman memiliki kemampuan membunuh yang kuat terhadap aneka bakteri, bahkan lebih hebat dibanding anti-mikroba yang paling hebat yang digunakan kedokteran modern saat ini dan tanpa effect samping seperti halnya obat modern. Madu Sidr ini juga bersifat antibiotic, antiseptic dan antifungal.

Didukung Riset oleh Tala Alandejani, MD, di University of Ottawa (Canada) menemukan bahwa:

•Efektifitas Madu Sidr dalam membunuh bakteri MSSA (methicillin sensitive staphylococcus aureus) mencapai 63%
•Efektifitas Madu Sidr dalam membunuh bakteri MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus) mencapai 73%
•Efektifitas Madu Sidr dalam membunuh bakteri PA (Pseudomonas aeriginosa) mencapai 91%

Salah satu zat terpenting dalam madu adalah “PHYTOCHEMICALS” dari berbagai jenis tumbuhan, tergantung dari mana lebah memperoleh nectar-nya untuk memproduksi Madu. Phytochemicals adalah nama umum zat kimia alami yang aktif secara biologis yang berasal dari tanaman. Zat inilah yang antara lain berperan aktif membuat Madu memiliki berbagai khasiat pengobatan.

Madu Sidr  Yaman bisa lebih baik dan mahal daripada jenis madu-madu lokal lainnya di pasar global karena perbedaan kandungan zat, manfaat obat-obatan dan nilai gizinya serta citarasa yang tidak terlupakan.

“Madu Sidr dari Yaman rasanya lezat, berbeda dengan daerah lain karena tanah Yaman lebih khas untuk pohon sidr dan ini mempengaruhi rasa. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), madu Sidr Yaman adalah seratus kali lebih mahal daripada jenis lain madu di pasar global karena perbedaan manfaat obat (khasiat) dan kandungan gizi nya”
Madu yang dipanen selama musim dingin yang terbaik, diikuti oleh musim semi, musim gugur lalu musim panas.

Kami menyediakan Madu Sidr Baghiya Asli Yaman dan Sidr Habba Barokah dengan harga terjangkau dan dijamin keasliannya.
Silahkan kunjungi Amanu Store
KANTOR PUSAT PT. AMANU
Jl. Bakung I,  No. 283, Purwonegaran RT. 02/RW.06 Sriwedari,
Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57141
(Depan Smp Negeri 15 Surakarta)

HOTLINE
Office : (0271) 739-582

WHATSAPP
081215008181
082133544723
08986379969

 

 

× Hubungi Kami