Maskapai Super Air Jet

Muncul Maskapai Baru Siap Ramaikan Kancah Udara

Tak lama lagi, maskapai berbiaya murah baru yaitu Super Air Jet bisa melayani penerbangan komersial di tanah air. Setelah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyetujui untuk menerbitkan izin operasional bagi maskapai tersebut.

Super Air Jet (SAJ), yang menurut sumber industri memiliki hubungan dengan grup maskapai terbesar di Indonesia, Lion Air Group, memenuhi semua persyaratan untuk mendapatkan Sertifikat Operator Udara (AOC), persetujuan akhir yang diperlukan untuk melayani penerbangan komersial.

Baca Juga : Hajar Aswad, Batu Surga Yang Asalnya Putih

“Dengan selesainya seluruh tahapan sertifikasi SAJ, maka SAJ dinyatakan telah memenuhi seluruh persyaratan teknis dan keselamatan sebagai pemegang Sertifikat Operator Udara,” kata Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto Sabtu (26/6) dilansir dari Reuters.

Seorang juru bicara dari Super Air Jet tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Seorang juru bicara Lion Air menolak untuk mengomentari terkait dengan SAJ. Sebelumnya, kepala eksekutif maskapai Ari Azhari bulan lalu mengatakan SAJ akan memulai dengan tiga pesawat Airbus SE A320 kapasitas 180 kursi dan fokus pada pasar domestik dan milenial.

Sebagai informasi, terdapat 5 tahap prosedur penerbitan Sertifikat Operasi Angkutan Udara (AOC) terdiri dari :

  • Tahap Pra Permohonan
  • Tahap Permohonan resmi
  • Tahap evaluasi dokumen untuk pemenuhan regulasi
  • Tahap inspeksi dan demonstrasi
  • Tahap Sertifikasi

Baca Juga: Umroh Dulu Bayar Belakangan

Untuk melengkapi persyaratan, Super Air Jet juga melakukan kerja sama perawatan pesawat udara dengan PT Batam Teknik sebagai pemegang Approved Maintenance Organization, yang salah satu kemampuannya adalah melakukan perawatan pesawat A320. Semoga dengan adanya maskapai baru yang disebut-sebut murah, akan tetapi wajib mementingkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Selanjutnya : Masa Tunggu Haji Cuma 7 Tahun

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

× Hubungi Kami